Tri Wahyu Samiyono Sejati mahasiswa Tarbiyah Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) meraih juara III MTQ dalam ajang nasional Qur’an competition 2019 di UNY Yogyakarta (26-28/4). Kompetisi ini diikuti oleh perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

 

Tim  Robotik Unissula bersiap mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Udinus 19-23 Juni 2019. Dalam kontes prestisius yang diselengarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti tersebut Unissula akan berlaga di tiga cabang lomba.

 

Tim dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unissula memborong empat gelar pada Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) kelima yang diselenggarakan di UAD Yokyakarta (29/6). Mereka adalah Dewi Susilowati, mahasiswi semester II bimbingan dosen Andarini Permata Cahyaningtyas, berhasil membawa dua buah piala yaitu sebagai juara I dan best paper dalam lomba mendongeng. Sementara itu, Diah AyukTri Sutaji dan Yurinda Primasari, mahasiswi semester VI bimbingan dosen Nuhyal Ulia, juga meraih juara I dan best speaker dalam lomba Karya Tulis Ilmiah.

 

Tim mahasiswa prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unissula berhasil meraih Juara II lomba media pembelajaran tingkat nasional yang dilangsungkan di Binus (22/6). Dalam lomba bertema Creating Future Leader, PGSDUnissulamengirimkan dua timyakni‘BuDi Ke Indonesia’ yang memiliki kepanjangan buku audio kemerdekaan Indonesiadan media Tapir Sapa (tangga pintar satuan panjang). Mediayang dilombakan disesuaikan dengan tema lomba sekaligus menjadi solusi alternatif untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme pada diri siswa. Para mahasiswa yang juara tersebut adalah Indah Puji Lestari, Reza Maida Nur Afana, dan Kukuh Tyas Eka Rahardian yang dibimbing oleh dosen  Rida Fironika Kusumadewi MPd dan Sari Yustiana.

 

Tim debat Unissula berhasil menjadi juara III Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan 15-19 Juli 2019 di Unair Surabaya. Mereka sebelumnya menjadi runner up dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat LLDIKTI Wilayah VI Jateng di Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo 26-28 Juni 2019. Tim debat Unissula  terdiri dari Inkaana Bi Haqqi (Teknik Sipil), Chandra M Yusuf Hidayatullah (Kedokteran), dan Veren Ahya Ruskita Vitun (Manajemen).

 

Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Unissula, Silvina Andila berhasil meraih juara kedua marketresearch competitionyang bertema comparativestudy : impact driven entrepreneurshipaccelerator yang dilaksanakan di tiga negara yakni Malaysia, Singapura, dan Thailand pada (3-8/7). Ia mengangkat tema pentingnya membiasakan sikap sikap kejujuran kepada para anak anak kecil sedini mungkin. Hal itu bisa dilakukan melalui berbagai media salah satunya yakni digital education game. Idenya telah mendapat sambutan yang positif saat ia melakukan penelitian di Singapura pada rangkaian kompetisi tersebut.

 

Mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) Unissula, Muhammad Asyif berhasil meraih juara harapan 2 dalam acara Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVI/2019 cabang Khothil Qur’an Dekorasi yang diselenggarakan di Universitas Syah Kuala, Banda Aceh. (4/8) Muhammad Asif berhasil terpilih sebagai salah satu finalis enam besar dari puluhan pererta yang ikut dalam cabang tersebut dan pada babak final mahasisiwa prodi Tarbiyah tersebut memperoleh peringkat lima.

 

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unissula meraih prestasi gemilang pada regional medical olympiad(RMO) yang diselenggarakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin (17-20/7). Mereka adalah Muissatul Aini dan Nabil Azra Mahendra yang meraih juara 2 cabang digestif. Hasil ini semakin memperkuat prestasi Kedokteran Unissula sebagai fakultas yang berprestasi.

 

Mahasiswa UNISSULA meraih beberapa Juara dalam Lomba Musabaqah Tilawah Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Juara Pembaca Terbaik III (Putra) dalam Cabang Tartil yang bernama Nurkholis, Iktamala Silmia meraih Juara Pembaca Terbaik Harapan II dalam Cabang Tartil, dalam Cabang Tilawah diraih oleh Fahmi Labib sebagai Juara Pembaca Terbaik Harapan II, Muhamad Fadli Rohman meraih Juara Pembaca dan Penghafal Terbaik Harapan I dalam Cabang Tahfidz 5 Juz dan Tilawah dan Zuni Aslami Maghfiroh sebagai Juara Penulis Terbaik I dalam Cabang Musabaqah Makalah Ilmiah Al Qur’an (M2IQ)

 

Tim Robotik Unissula meraih Juara III pada Kontes Robot Abu Indonesia Tingkat Regional 3 Tahun 2019 dan meraih penghargaan sebagai Robot Dengan Desain Terbaik pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia – Beroda Tingkat Regional 3 Tahun 2019.

 

 

Mahasiswa Unissula meraih Juara II Kelas J Putra (90-95 Kg) yang bernama Ahmad Baikuni Tafrikul pada Kejuaraan Provinsi (KEJURPROV) Pencak Silat Tingkat Jawa Tengah yang diselenggarakan Pengprov IPSI Jawa Tengah pada tanggal 01-03 Mei 2019 di Jatidiri Semarang

 

Tim Debat Bahasa Inggris Unissula berhasil melaju ke tingkat Nasional dalam ajang National University Debating Championship (NUDC) tingkat Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Kopertis VI pada tanggal 22-24 April 2019 di Universitas Ngudi Waluyo, Ungaran yang terdiri dari Aisyah Ardani (FAI) yang berhasil meraih 3rd best speaker, Jodi Satria Affan (FH) sebagai 6th best speaker dan Malisa Falasifah (Fakultas Psikologi) sebagai co 4th breaking adjudicator.

 

Tim Rebana Hubbul Musthofa UKM UPI Unissula meraih Juara II lomba Rebana se-Jawa Tengah

 

 

Fakultas Kedokteran (FK) Unissula mengirimkan sebelas mahasiswa ke Faculty of Medicine and Health Sciences (FPSK) Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) dalam rangka program pertukaran pelajar dan transfer kredit selama satu bulan, mahasiswa tersebut yaitu Almira Salsabila,Arrizki Azka Pratama, Citra Desi Deriya, Dea Jovita, Difa Rachma Maula, Mochamad Navi Suharto, Muhammad Rizki Triono, Octyana Santosa, Rizky Aslia Kusuma Putri, Vania Shaula dan Alya Putri Noormadianti.

 

Mohamad Asyif Juara I Kaligrafi, Rahmawati Nurul Layli juara II Ghina’ Araby (menyanyi Arab), Juliyan Rizki Adhitya Juara II media pembelajaran, dan Alifia Hilma Widyaswari Juara III Media pembelajaran bahasa Arab merupakan mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) Unissula memborong prestasi dalam lomba Festival Dunia Arab II tingkat nasional yang diselenggarakan di Unida Gontor

 

Ovisca Abdilla Zizty, Elsa Nur Afiana, dan Nugroho Kukuh M merupakan Tim mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula berhasil meraih juara 1 lomba asuhan keperawatan tingkat nasional yang diadakan di Universitas Achmad Yani Yogyakarta

 

Demi Putri Lilyandi merupakan mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Unissula yang meraih Juara III Nasional Kompetisi legal opinion yang dilaksanakan di Fakultas Hukum Universitas Surabaya

 

 

Empat mahasiswa Unissula yaitu ; Akbar Prabowo, Brahmadi Buana, Aisyah Ardani dan Malisa Falasifah ikuti ajang Asia Youth International Model United Nation (AYIMUN) yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Bangkok, Thailand

 

Umi Sa’idatillah merupakan mahasiswi dari Fakultas Agama Islam (FAI) Unissula meraih Juara II Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) Tingkat Nasional di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

 

 

Lima Mahasiswa Unissula Mendapat Medali Perunggu Dalam Ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). Kelima mahasiswa tersebut yaitu Muhammad Fabilah, Putri Amanda, Alfi Maslahatin, dan Alfi Umniyyatin yang mewakili Kota Semarang serta Dheanita Setyanti Pratiwi yang mewakili Kota Surakarta. Mereka bertanding pada cabang tarung derajat dalam berbagai kelas dan kategori yang dipertandingkan di Surakarta.